Selasa, 26 Februari 2013

Manfaat Merokok dan Bahayanya !

1.Rokok menyebabkan awet muda.

Heheeee  kok bisa ya,yah karena dengan merokok umur sesorang bisa lebih cepat yang berarti belum sampai tua sudah meninggal duluan.Walaupun umur itu tidak ada yang tahu,kita sebagai manusia wajib menjaga kesehatannya,salah satunya dengan Stop rokok

2.Dengan Merokok jadi ngga ada maling 

Heheheee....kok bisa ya...? Jadi gini ceritanya,pernah didekat saya tinggal ada seorang bapak-bapak yang yang merokoknya super banyak tiap hari,hingga akhirnya salah satu peringatan pemerintah yang Berbunyi "Merokok bisa menyebabkan sakit paru-paru" akhirnya penyakit paru-paru benar-benar menimpanya.Akhirnya tiap malam banyak begadang terus karena batuk yang menyakitkan.Untuk tidur sangat susah.Dengan begadangnya tuh bapak jadi maling-maling kayaknya takut heheheee....soalnya ada yang begadang terus.Pilihan ada di tangan Anda,Stop rokok sekarang juga atau pilih.....

Tentang Bahaya rokok pada umumnya menurut saya sudah banyak orang yang tahu. Apalagi bagi orang yang tiap hari menghisap rokok, sebab dalam setiap bungkus rokok terdapat tulisan tentang bahaya rokok, seperti ini. MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN. Tapi anehnya, meski pada bungkus atau kemasan rokok sudah tercantum tulisan tentang bahaya rokok yang sangat menakutkan, tetap saja banyak yang merokok. Kayaknya Peringatan pemerintah tak dianggap sama sekali olih masyarakat.

Bagaimana cara menghentikan rokok?

Pertanyaan ini sangat sering saya dapat dari banyak orang.Nah berikut ini ada beberapa saran dari saya  yang bisa dipertimbangkan bila ingin stop rokok:

1.Lakukan Gurah

Dengan gurah,lendir-lendir kotoran akibat efek nikotin yang menyebabkan seseorang kecanduan rokok setelah menghisap rokok akan hilang karena terbuang lewat kotoran-kotoran yang dikeluarkan saat di gurah.

2.Siapkan makanan atau minuman pengganti rokok.

Bila ada rasa ingin merokok,gantilah dengan cemilan makanan atau minuman yang lain selain rokok.Salah satu minuman yang baik adalah minuman teh rosella.Salah satu manfaat dari teh rosella adalah Kandungan rasa asam vitamin c yang terdapat didalam minuman teh rosella akan mengurangi rasa kecanduan rokok.

3.Niat Yang kuat untuk stop rokok

Kuatkan niat stop rokok,yakinkan diri kita bahwa rokok itu racun,maka JANGAN DI SENTUH APALAGI DIHISAP.
Kandungan Dalam Rokok
Tahukah anda, dalam Rokok mengandung lebih dari empat ribu zat-zat dan dua ribu diantaranya telah dinyatakan berdampak tidak baik bagi kesehatan kita. Di antaranya adalah bahan radioaktif (polonium-201) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat (acetone), pencuci lantai (ammonia), ubat gegat (naphthalene), racun serangga (DDT), racun anai-anai (arsenic), gas beracun (hydrogen cyanide) yang digunakan di “kamar gas maut” bagi pesalah yang menjalani hukuman mati, serta masih banyak lagi. Dan zat pada rokok yang paling berbahaya adalah Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida. Tar mengandung kurang lebih empat puluh tiga bahan yang menjadi penyebab kanker atau yang disebut dengan karsinogen. Nikotin mempunyai zat dalam rokok yang dapat menyebabkan ketagihan, ini yang menyebabkan para pengguna rokok sulit sekali untuk berhenti merokok. Nikotin merupakan zat pada rokok yang beresiko menyebabkan penyakit jantung, 25 persen dari para pengidap penyakit jantung disebabkan oleh kegiatan merokok
Berikut ini adalah beberapa bahaya lain akibat  rokok terhadap kesehatan kita
  1. Rokok dapat menyebabkan Kanker pundi kencing,
  2. Kanker perut,
  3. Kanker usus dan rahim ,
  4. Kanker mulut ,
  5. Kanker Esofagus,
  6. Kanker tekak,
  7. Kanker pankrias,
  8. Kanker payudara,
  9. Kanker paru-paru,
  10. Penyakit saluran pernafasan kronik
  11. Strok,
  12. pengkroposan tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis
  13. Penyakit jantung,
  14. Kemandulan,
  15. Putus haid awal,
  16. Melahirkan bayi yang cacat
  17. Keguguran bayi,
  18. Bronkitis,
  19. Batuk,
  20. Penyakit ulser peptik,
  21. Emfisima,
  22. Otot lemah,
  23. Penyakit gusi,
  24. Kerusakan mata
Yang tersebut diatas adalah bahaya rokok bagi perokok aktif, apa itu perokok aktif ? perokok aktif adalah orang yang merokok secara langsung menghisapnya rokok, sedangkan perokok pasif adalah orang yang tidak secara langsung menghisap rokok, tetapi menghisap asap rokok yang dikeluarkan dari mulut orang yang sedang merokok.
Di bawah ini merupakan bahaya asap rokok bagi perokok pasif.
  1. Meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung
  2. Masalah pernafasan termasuk radang paru-paru dan bronkitis
  3. Sakit atau pedih mata
  4. Bersin dan batuk-batuk
  5. Sakit kerongkong
  6. Sakit kepala
Zat Yang terkandung dalam asap rokok adalah :
  1. 2 kali lebih banyak nikotin
  2. 5 kali lebih banyak karbon monoksida
  3. 3 kali lebih banyak tar
  4. 50 kali lebih zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan
Bahaya asap rokok terhadap ibu hamil dan janin yang dikandungnya
  1. Keguguran janin
  2. Tumbesaran janin terencat – 30% lebih tinggi
  3. Kematian janin dalam kandungan
  4. Pendarahan dari uri (abruption placenta)
  5. Berat badan berkurang – 20 hingga 30%
Bahaya asap rokok terhadap bayi
  1. Masalah dan penyakit pernafasan
  2. Mengganggu terhadap perkembangan kecerdasan
  3. Jangkitan telinga
  4. Leukeamia
  5. Kanker otak 22%
  6. Cepat lelah
  7. Sindrom kematian secara mendadak

Sobat  Dharma semua,semoga artikel ini bisa mengingatkan kita akan bahaya rokok bagi kesehatan.Jadi bila ada pertanyaan "Adakah manfaat rokok bagi kesehatan? Jawabannya adalah SEBENARNYA MEMANG ADA BEBERAPA MANFAAT ROKOK BAGI KESEHATAN BERDASARKAN DARI BEBERAPA ARTIKEL DARI LUAR NEBGERI YANG PERNAH DIPUBLIKASIKAN,TAPI MENURUT SAYA ROKOK BANYAK MENYEBABKAN PENYAKIT KETIMBANG MANFAATNYA YANG SEDIKIT.
Sudah banyak survey yang membuktikan bahwa ROKOK SALAH SATU PENYEBAB DARI KEMISKINAN.
Salam sehat!!!
Sumber:
http://muktiblog.com/pesan-hidup/bahaya-merokok-bagi-kesehatana.


Sumber Tulisan: http://www.dharmasehat.com/2012/02/adakah-manfaat-rokok-bagi-kesehatan.html#ixzz2M3xL7V9u
Follow us: @kedbel on Twitter | dharmasehat on Facebook

1 komentar: